Pengaruh Variasi Jumlah dan Jenis Bahan Pengisi Aktif Carbon Black terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Kompon Karet pada Pembuatan Rubber Crossing Plate

Syahbani, Muhamad Ruri (2022) Pengaruh Variasi Jumlah dan Jenis Bahan Pengisi Aktif Carbon Black terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Kompon Karet pada Pembuatan Rubber Crossing Plate. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1518035_Muhamad Ruri Syahbani_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (13kB)
[img] Text
1518035_Muhamad Ruri Syahbani_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
1518035_ Muhamad Ruri Syahbani_Turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
1518035_Muhamad Ruri Syahbani_Dafpus.pdf - Bibliography

Download (68kB)

Abstract

"Perkembangan teknologi tepat guna saat ini semakin berkembang dengan menghasilkan beberapa produk baru yang bermunculan. Salah satunya pada ruang lingkup kereta api yaitu adanya teknologi Rubber Crossing Plate (RCP) yang digunakan pada perlintasan sebidang pada rel kereta api. Pembuatan RCP diharapkan dapat meningkatkan konsumsi karet alam dalam negeri. Dalam pembuat RCP diperlukan aditif untuk meningkat nilai dari karet alam pada sifat fisik dan mekanik, maka dperlukan aditif sebagai bahan campuran. Carbon black dipakai sebagai bahan pengisi aktif untuk meningkatkan sifat fisik dan mekanik dari kompon karet RCP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis dan jumlah carbon black terhadap sifat fisik dan sifat mekanik dari kompon karet pada pembuatan Rubber Crossing Plate (RCP). Karet alam yang digunakan adalah Standard Indonesian Rubber (SIR) 20. Variasi jenis carbon black yang akan digunakan adalah N220 dan N330, serta jumlah carbon black 40, 45, 50, dan 55 phr. Hasil pengujian sifat fisik pada N255 menunjukkan viskositas mooney dengan standar pengujian ASTM D1646 sebesar 56,06 ML(1+4) dan waktu pematangan dengan standar pengujian ASTM D6204 sebesar 565,8 s dan pada N355 menunjukkan viskositas mooney sebesar 54,72 ML(1+4) dan waktu pematangan sebesar 570,6 s. Hasil pengujian sifat mekanik pada N255 menunjukkan kekuatan tarik dengan standar pengujian ASTM D412 sebesar 22.612 MPa, kekerasan dengan standar pengujian ASTM D2240 sebesar 68,56 Shore A, compression set dengan standar pengujian ASTM D395 sebesar 12,78% dan ketahanan abrasi dengan standar pengujian ASTM D2228 150,168 Abrassion Resistance Index (ARI). N355 mendapatkan kekuatan tarik sebesar 22,125 MPa, kekerasan sebesar 71,89 Shore A, compression set sebesar 13,19% dan ketahanan abrasi sebesar 127,504 ARI. Berdasarkan hasil pengujian, kompon karet yang diuji telah memenuhi spesifikasi teknis RCP. Kata kunci: karet alam, carbon black, rubber crossing plate, sifat fisik, sifat mekanik."

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Depositing User: Whisnu Dwi Prasetiyo
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:59
Last Modified: 24 Apr 2024 08:39
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item