Pengaruh Ukuran Filler Amonium Perklorat (NH4ClO4) terhadap Sifat Viskoelastisitas dan Kekerasan Propelan Berbasis Binder Poliuretan

Wulandari, Siska (2021) Pengaruh Ukuran Filler Amonium Perklorat (NH4ClO4) terhadap Sifat Viskoelastisitas dan Kekerasan Propelan Berbasis Binder Poliuretan. Diploma thesis, Politeknik STMI Jakarta.

[img] Text
1517009_Siska Wulandari_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (8kB)
[img] Text
1517009_Siska Wulandari_Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1517009_Siska Wulandari_HasCek Plagiasi.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Propelan merupakan bahan bakar padat yang digunakan pada teknologi roket. Propelan secara umum tersusun atas komponen cair berupa fuel-binder dan filler serta komponen padat berupa aditif. Binder yang digunakan dalam pembuatan propelan berupa poliuretan yang terbentuk dari fuel-binder berupa Hydroxyl-Terminated Polybutadiene (HTPB) dan curing agent berupa Toluene Diisocyanate (TDI). Filler yang digunakan yaitu oksidator berupa Amonium Perklorat (AP) dan metal fuel berupa Aluminium (Al). Filler AP dan filler Al dapat meningkatkan sifat fisik propelan salah satunya sifat viskoelastisitas. Viskoelastisitas merupakan gabungan dari dua sifat fisik yaitu viskositas dan elastisitas yang dimiliki propelan. Filler AP dan filler Al di dalam propelan juga dapat meningkatkan sifat mekanik yaitu kekerasan dan dapat meningkatkan energi pembakaran propelan. Penggunaan aditif DOA dan TEPAN adalah salah satu tahapan kimia dalam pembuatan propelan dengan tujuan agar meningkatkan sifat fisik dan mekanik propelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran filler AP terhadap nilai viskositas slurry propelan, pot-life slurry propelan (waktu slurry propelan masih bersifat elastis) dan kekerasan propelan. Variabel pada penelitian ini adalah ukuran filler AP dengan ukuran 50 µm, 100 µm, 200 µm dan 400 µm. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji viskositas dan uji kekerasan. Tahapan pada penelitian ini adalah pengadukan HTPB dengan aditif Dioctyl Adipate (DOA) ditahap awal, lalu dicampurkan dengan filler Al, ditambahkan Tetraethylenepentamine Acrylonitrile (TEPAN), filler AP dan Toluene Diisocyanate (TDI), kemudian dilakukan pencetakan propelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi ukuran filler AP memiliki pengaruh terhadap nilai viskositas slurry propelan yaitu semakin besar ukuran filler AP maka semakin rendah nilai viskositas slurry propelan. Variasi ukuran filler AP juga memiliki pengaruh terhadap pot-life slurry propelan yaitu semakin bertambahnya ukuran filler AP maka semakin cepat pot-life slurry propelan yang dihasilkan untuk mencapai viskositas maksimal slurry propelan masih bagus untuk dicetak yaitu 16.000 Poise. Variasi ukuran filler AP tidak menunjukkan korelasi terhadap nilai kekerasan tetapi nilai kekerasan yang dihasilkan sesuai dengan syarat dasar propelan dengan fuel-binder seperti HTPB. Kata Kunci: aluminium, amonium perklorat, HTPB, poliuretan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aluminium, amonium perklorat, HTPB, poliuretan.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Depositing User: Taufiqurrahman Muslih
Date Deposited: 18 Oct 2022 15:32
Last Modified: 18 Oct 2022 15:32
URI: http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item